460x68 ads

Sunday, January 6, 2013

KIAMAT ? Milyaran Tahun Lagi.

 








 
Suku Maya meramalkan bahwa akhir 2012 akan terjadi kiamat, dan itu tidak terbukti. Hal ini diperkuat oleh hasil penelitian dari Amanda Doyle yang dipublikasikan dalam Astrobiology Magazine. Penelitian ini menyebutkan bahwa milyaran tahun dari sekarang, kehidupan di bumi akan musnah begitu bintang kita (matahari) memperpanas permukaan planet kita ini. penelitian terbaru telah  berupaya menentukan bentuk kehidupan terakhir seperti apa yang ada di Bumi nanti dan tempat tinggal seperti apa di mana kehidupan itu ada sebelum Bumi mejadi steril.

    "Kita beruntung bahwa planet-planet kita mengorbit bintang yang berumur panjang sekali. eski begitu, luminositas (kehangatan) Matahari secara bertahap terus mening\kat, dan dalam sekitar satu milyar tahun dampaknya akan terasa di Bumi." kata Amanda Doyle.

    Suhu di permukaan akan mulai naik tajam dalam beberapa milyaran tahun ke depan, dan ini akan menigkatkan jumlah uap air panas di udara, untuk kemudian menaikkan suhu Bumi dan pada akhrnya mengakhiri kehidupan di Bumi.
   Naiknya temperatur ini akan melonjakkan frekuensi hujan dan angin yang akhirnya melapukkan batu silikat yang akan mencampakkan sisa karbon dari atmosfer. Biasanya karbon digantikan melalui lempeng tektonik dalam siklud karbon-silikat ketika terbebas pada gas-gas vulkanik.
    Namun, samudera akan mulai menguap begitu temperatur terus naik yang kemungkinan besar dapat menghentikan gerakan lempeng tektonik. Para ilmuwan sendiri yakin bahwa air adalah pelumas penting bagi pergerakan lempeng tektonik Bumi.
    Tehentinya gerak lempeng tektonik ini akan mengikis habis jumlah gunung berapi aktif, dan karbon menjadi tidak akan diperbaharui lagi di atmosfer.
     Jenis bintang terakhir yang mungkin ada di Bumi masa depan adalah invertebrata (serangga). Begitu serangga juga akhirnya menyerah kepada temperatur yang terus memanas ini maka Bumi hanya akan dihuni oleh kehidupan mkroba, seperti terjadi pada beberapa milyaran tahun pertama umur Bumi.
      Kehidupan terakhir ini akan dengan susah payah mencari ceruk dari planet ini yang bisa didiami kehidupan, dan sekalipun bentuk kehidupan terakhir ini sangat tahan banting, mencari bagian yang bisa dididami kehidupan ini sangatlah sulit.

No comments:

Post a Comment