460x68 ads

Tuesday, January 1, 2013

Hadiah Natal dari Wahana Antariksa Cassini

   Saturnus



KOMPAS.com — Menyambut Natal, wahana antariksa Cassini pun memberikan hadiah spesial. Cassini Imaging Central Laboratory for Operations (CICLOPS) memproses citra yang dihasilkan Cassini, menghasilkan citra menakjubkan sisi gelap Saturnus.

"Dari semua citra yang mengagumkan yang kita dapatkan dari Saturnus, tak ada yang lebih tak biasa dari yang diambil dari bayangan Saturnus," kata Carolyn Ponco, pimpinan tim CICLOPS, seperti dikutip Discovery, Selasa (18/12/2012).

Cassini mengambil citra bayangan Saturnus pada Oktober 2012 silam. Dalam sudut pandang Cassini saat itu, Matahari sepenuhnya tertutupi oleh piringan Saturnus, sementara bagian cincinnya tetap disinari Matahari.

Citra ini sangat menguntungkan dalam mempelajari bagian cincin planet tersebut. Astronom bisa menggunakannya untuk melihat secara lebih detail cincin Saturnus yang biasanya relatif sulit untuk teramati.

Tahun 2008 lalu, Cassini juga pernah mengabadikan bayangan Saturnus. Saat itu, Bumi yang tampak berupa titik biru menjadi latarnya. Dalam citra saat ini, Bumi tak tampak. Sebagai gantinya, ada bulan Saturnus, Enceladus, dan Tethys yang menghiasi.

Saturnus adalah salah satu planet yang selalu menjadi perbincangan hangat selain Mars. Salah satu bulan planet ini, Titan, dikatakan memiliki lautan metana dan diprediksi mampu mendukung kehidupan.

No comments:

Post a Comment